Beranda | Obengkumana.Net
facebook twitter gplus
Breaking News
Loading...
Senin, 31 Desember 2012

Easyhotspot - Ubuntu

Berbeda dengan artikel sebelumnya Easyhotspot Live CD , disini saya coba menjelaskan instalasi mode manual mulai dari nol

Pada tahap awal, yg perlu kita persiapkan adalah sebua PC/Lapie/ Virtual Box untuk pemasangan OS Linux, saya sendiri pada waktu itu mempergunakan Ubuntu Server 10.04 LTS.

Mengapa harus ubuntu/ubuntu server? Karena cuma itu yg saya tau :D
Ikut aja ya :) Penekanan saya agar rekan2 sekalian paham bagaimana Easyhotspot bs bekerja, krn dari itulah saya kasih yg termudah dulu, di versi sebelumnya.
Apa perbeda'annya dengan yg sebelumnya? klu yang full distro, kita tidak bisa menambahkan paket-paket lain, krn sdh tidak tersedia dari distro yg bersangkutan dikarekan sudah beberapa kali release versi yg lebih baru untuk debian family(Ubuntu
Langsung ke TKP:
1. Install Ubuntu server, jika belum paham  saya kasih versi PDF karya om OPIK Design DISINI
2. Install paket2 berikut:
 sudo apt-get -y install iptraf iftop whois sysstat snmp snmpd rrdtool dbconfig-common libphp-adodb php5-cli php5-gd php5-gmp php-pear php5-snmp php5-adodb make rpm alien subversion nmap libnet-netmask-perl curl freeradius freeradius-mysql php5-mcrypt perl openssl libnet-ssleay-perl libauthen-pam-perl libpam-runtime libio-pty-perl unzip git-core
3. Apabila Ingin lebih mudah untuk copas dll, silahkan install webmin, semantara googling aja ya :D
4. kopy easyhotspot only dengan menggunakan perintah berikut:
 cd /opt && git clone git://easyhotspot.git.sourceforge.net/gitroot/easyhotspot/easyhotspot
5.Akses Mysql
mysqladmin -u root password abc123
mysql -u root -pabc123 create hotspot
cd /opt/easyhotspot/install
mysql -u root -pabc123 hotspot <easyhotspot_opensource_2010-10-21.sql
mysql -u root -p
mysql> use mysql;
mysql> INSERT INTO user (Host,User,Password) VALUES('%','easyhotspot',PASSWORD('easyhotspot'));
mysql> grant all privileges on *.* to easyhotspot@localhost;
mysql> grant usage on *.* to easyhotspot@localhost identified by 'easyhotspot';
mysql> flush privileges;
mysql> quit
6. Edit  /etc/freeradius/sql.conf
...................
sql {
    #
    #  Set the database to one of:
    #
    #    mysql, mssql, oracle, postgresql
    #
    database = "mysql"

    #
    #  Which FreeRADIUS driver to use.
    #
    driver = "rlm_sql_${database}"

    # Connection info:
    server = "localhost"
    #port = 3306
    login = "easyhotspot"
    password = "easyhotspot"

    # Database table configuration for everything except Oracle
    radius_db = "hotspot"
.......................
7. Edit  /opt/easyhotspot/htdocs/system/application/config/database.php
........................
 $db['default']['hostname'] = "localhost";
$db['default']['username'] = "easyhotspot";
$db['default']['password'] = "easyhotspot";
$db['default']['database'] = "hotspot";
$db['default']['dbdriver'] = "mysql";
$db['default']['dbprefix'] = "";
# $db['default']['active_r'] = TRUE;
$db['default']['pconnect'] = TRUE;
$db['default']['db_debug'] = TRUE;
$db['default']['cache_on'] = FALSE;
$db['default']['cachedir'] = "";
..........................
8.  Edit /etc/freeradius/sql.conf
...................................................

sql {
    #
    #  Set the database to one of:
    #
    #    mysql, mssql, oracle, postgresql
    #
    database = "mysql"

    #
    #  Which FreeRADIUS driver to use.
    #
    driver = "rlm_sql_${database}"

    # Connection info:
    server = "localhost"
    #port = 3306
    login = "easyhotspot"
    password = "easyhotspot"

    # Database table configuration for everything except Oracle
    radius_db = "hotspot"
............................................................
9. Edit /etc/freeradius/radiusd.conf bagian  modules
...........................................
$INCLUDE sql.conf
.........................................
$INCLUDE sql/mysql/counter.conf
.........................................
bagian instantiate tambahkan kedalamnya
................
max_all_mb
noresetcounter
...............
10. Edit /etc/freeradius/sites-enabled/default

bagian authorise yang berisi sql  hilangkan tanda pagar didepannya dan selanjutnya tambahkan dibawahnya menjadi sprti ini
..........................
sql
max_all_mb
noresetcounter
........................

bagian accounting, session dan post-auth yang terdappat didalamnya sql , hilangkan semua tanda pagaryg terdapat didepannya .

11. Edit /etc/freeradius/sql/mysql/counter.conf Cari bagian ini sqlcounter noresetcounter { , hapus semua samapi tanda }
ganti dengan ini
.........................................
sqlcounter noresetcounter {
    counter-name = Session-Timeout
    check-name = Session-Timeout
        reply-name = Session-Timeout
        sqlmod-inst = sql
        key = User-Name
        reset = never
       query = "SELECT SUM(Acctsessiontime) FROM radacct WHERE UserName='%{%k}'"
}

sqlcounter max_all_mb {
    counter-name = Max-All-MB
        check-name = Max-All-MB
        reply-name = ChilliSpot-Max-Total-Octets
       sqlmod-inst = sql
        key = User-Name
        reset = never
    query = "SELECT SUM(AcctInputOctets)/(1024*1024) + SUM(AcctOutputOctets)/(1024*1024) FROM radacct WHERE UserName='%{%k}'"
} 12. Check apakah radius sudah bekerja dengan benar, dengan mode debug. Masukkan command dibawah ini. Jika sudah tidak ada error akhiri dengan menekan tombol Ctrl+C/etc/init.d/freeradius stop
/usr/sbin/freeradius -X

Bersambung

4 komentar:

  1. mo nanya donk gan.... usb hub yang recommended pake apa y?

    harus yang ada colokan powernya y klo mo kuat ngangkat modem usb 2 biji?

    btw keren blognya agan nih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya biasanya pakai usb hub yang ada keterangan support 1TB.untuk merek gx jadi patokan

      Hapus
  2. selamat sore gan kalau menggunakan easyhotspot freeradius di ubuntu ini sebgai radius server setting mikrotik sebagai hotspot server apa cuma sebagai dhcp server gan?
    trus misalkan mikrotik sebgai server hotspot di ubuntu diperlukan 1 lan card apa 2 land card

    BalasHapus

 
Toggle Footer